Beranda | Artikel
Bertaubat dari Harta Haram - Harta Haram Muamalat Kontemporer (Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.)
Senin, 2 Desember 2013

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Kajian oleh: Ustadz DR Erwandi Tarmizi, M.A.

[sc:status-harta-haram-muamalat-kontemporer-ustadz-erwandi-tarmizi-2013]

Ringkasan Kajian Harta Haram Muamalat Kontemporer: Bertaubat dari Harta Haram

Bila terlanjur mendapatkan rizqi dari cara dan jalan yang tidak diridhai oleh Allah Jalla fi ‘Ula yang telah diuraikan dari awal kajian ini (Harta Haram Muamalat Kontemporer), maka Allah memerintahkan kita untuk bertaubat kepadaNya sesegera mungkin.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang memerintahkan untuk segera bertaubah, di mana 3 ayat sebelumnya Allah Ta’ala menjelaskan tentang haramnya riba:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ الرِّبَا أَضْعَافاً مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُواْ اللّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (آل عمران: ١٣٠)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” (Q.S. Ali Imran [3]: 130)

وَسَارِعُواْ إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (آل عمران: ١٣٣)

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,” (Q.S. Ali Imran [3]: 133)

Sebagian ahli tafsir mengatakan perintah untuk segera bertaubat ini, termasuk yang paling utama adalah bagi pelaku riba.

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُواْ فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُواْ أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُواْ اللّهَ فَاسْتَغْفَرُواْ لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللّهُ وَلَمْ يُصِرُّواْ عَلَى مَا فَعَلُواْ وَهُمْ يَعْلَمُونَ (آل عمران: ١٣٥)

Simak kelanjutan kajian seri fiqih muamalah ini, dengan unduh langsung MP3 kajiannya atau dengarkan langsung.

Download Kajian Fiqih Muamalah – Harta Haram Muamalat Kontemporer

Mari bagi-bagikan kepada saudara-saudara kita. Silakan gunakan menu share ke social media yang telah disediakan. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/4490-bertaubat-dari-harta-haram-harta-haram-muamalat-kontemporer-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-m-a/